TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI BLOGNYA MA NAHDLATUL WATHAN BATAM...MA Nahdlatul wathan berserta seluruh staf dan karyawan mengucapkan Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

5 Maret 2013

TRIK-TRIK MENJAGA MOOD BELAJAR

Admin Nahdlatul Wathan-
Cara Efektif Menjaga "Mood" Belajar Bahasa Inggris PDF Cetak E-mail
Senin, 04 Maret 2013 11:55
Serpong - Di awal masa belajar biasanya seseorang penuh semangat dan motivasi. Namun seiring berjalannya waktu, semangat tersebut akan luntur dan minat belajar yang semula menggebu akhirnya hilang. Nah bagaimana cara tepat untuk menjaga minat belajar khususnya belajar bahasa Inggris agar tetap hidup?
Head of Marketing Wall Street Institute Indonesia, Grace Chandra, mengatakan bahwa untuk menjaga minat belajar yang utama adalah membangun suasana dan proses belajar senyaman mungkin. Tanpa suasana yang nyaman, orang yang sedang belajar akan gelisah dan cepat bosan sehingga bahan yang diajarkan tidak akan tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, carilah kelompok, tempat kursus atau komunitas yang nyaman bagi Anda untuk belajar dengan konsisten.

"Membuat proses belajar senyaman dan semudah mungkin. Harus interaktif dan tidak hanya berjalan satu arah saja," kata Grace saat Peresmian cabang keenam Wall Street Institute di Mall Alam Sutera, Serpong, Selasa (26/2/2013).

Selanjutnya, usahakan ada kegiatan yang menyenangkan paling tidak seminggu sekali. Kegiatan tersebut juga dapat dijadikan sebuah media untuk mengasah dan mempraktekkan apa yang telah dipelajari.Untuk tempat kursus, ini alternatif sehingga suasana belajar tidak terus menerus di kelas.

"Misalnya ada social club yang memang didesain agar siswa tidak jenuh dan bosan," jelas Grace.

Format social club ini juga bermacam-macam. Contohnya saja, mengadakan acara masak bersama dengan chef ternama namun obrolan yang dilakukan tetap harus dengan bahasa Inggris. Atau misalnya membuat workshop film kecil-kecilan dengan mengundang sutradara ternama tapi tetap penyampaiannya dengan bahasa Inggris.

"Hal seperti ini yang dilakukan agar minat siswa tidak luntur dan percaya diri mereka tumbuh," ujar Grace.

"Yang terpenting lagi, jangan buat siswa terbebani dengan masalah jadwal. Biarkan mereka menentukan jadwal yang sesuai dengan kesibukannya," tandasnya.

edukasi kompas

0 komentar: